Kamis, 16 Mei 2013

Teknik Membuat Lead Berita

Ditulis oleh Riska Amelia di Kamis, Mei 16, 2013

Lead berita adalah jendela untuk melihat isi berita. Dengan penjelasan singkat, lead berusaha mengajak pembaca masuk ke tubuh berita.

Gaya penyampaian atau penulisan lead dalam media online tentu memiliki karakteristik tersendiri. Khalayak dan mediumnya berbeda, maka penyajiannya pun beda.

Yang harus disadari oleh penulis adalah waktu pembaca yang sempit. Lead yang tak menarik dapat menjadi faktor penyebab pembaca mudah beralih ke pemberitaan lain. Inilah tantangan bagi jurnalis dalam membuat lead.

1.      Buat lead dengan kalimat sederhana, enak dibaca dan ringkas
2.      Awali dengan siapa atau apa
3.      Paragraf pendek. Maksimal paragraph terdiri dari 4 baris
4.      Bila menggunakan istilah atau bahasa asing, berilah penjelasan singkat terlebih dahulu
               
Hakikat dari media online ialah menyampaikan pesan lebih cepat daripada media cetak. Hakikat berita ialah inti berita yang dilaporkan, pertama oleh head, kedua oleh lead, ketiga oleh body.

Apabila lead sudah menyampaikan informasi dengan lengkap, pembacanya tak perlu terus membaca ke bawah secara menyeluruh.

Melayani orang dengan secepat-cepatnya dengan cara membuat lead yang jelas menggambarkan isi berita. Inilah hakikat dari media online yang bekerja menyampaikan pesan lebih cepat.

Referensi:
Catatan Perkuliahan Jurnalistik Online
Makalah Masmimar Mangiang, Dosen Komunikasi Universitas Indonesia

2 komentar:

Muhamad Maulana Mahdi mengatakan...

bagus teteh tulisannya :))

Anonim mengatakan...

Casino site - luckyclub.live
Play your favourite casino games at Lucky Club with Lucky Club. We have over 1000 slot games, luckyclub from video slots to video poker and even more table games. Rating: 4 · ‎1 review

Posting Komentar

 

Wasana Kata Template by Ipietoon Blogger Template | Gadget Review