Selasa, 14 Mei 2013

Ini Alasan Harus Doyan Ngeblog

Ditulis oleh Riska Amelia di Selasa, Mei 14, 2013
Ilustrasi: Dok.net

“Menulislah, atau Kau akan menghilang dalam pusaran sejarah”. Berkaca dari kutipan tersebut, alasan apa lagi yang membuat saya untuk tidak menulis?

Mungkin kita pernah merasakan ide-ide selintas, yang membawa berkeliling dunia, ke satu daerah asing yang tak pernah dipijak. Kemudian, berbekal kata, ide tersebut menjadi sebuah tulisan. Bertujuan menceritakan segala peristiwa kepada pembaca.

Ada pepatah Inggris mengatakan Sebuah watak akan muncul, bila kita membentuk kebiasaan terlebih dahulu. Nah, di tengah-tengah kemajuan teknologi informasi saat ini, sangat ironis jika kita hanya diam terpaku dan tak menghasilkan karya apapun.

Lewat nge-blog kita bisa mendapat lebih banyak keuntungan. Berikut ini saya sajikan apa aja sih keuntungan kita ketika aktif nge-blog.

Mencatat Sejarah Hidup Kita
Jika rajin menulis dan mentorehkan karya lewat menulis, setidaknya kita bisa dikenang lewat karya tulis kita. Catatan di blog kita itu akan menjadi saksi sejarah hidup kita.

Mempengaruhi dan Menginspirasi Pembaca
Tulisan kita di blog dapat mempengaruhi dan menginspirasi orang lain. Dengan cara seperti itu, kita secara tidak langsung bisa disebut sebagai entrepreneur dan motivator. Kalaupun tak bisa memotivasi orang secara langsung, setidaknya lewat menulis di blog pemikiran dan ide kita dapat tersalurkan.

Jadi Penulis Buku Terkenal
Ketika saya masih duduk di bangku SMA, blogger yang saya ketahui yaitu Raditya Dika. Hingga saat ini kebanyakan orang sudah hapal dan kenal dengan nama itu. Siapa yang tahu kalau buku yang telah ia tulis dan menjadi best seller itu pada awalnya tertuang dalam blog pribadinya.

Jadi Penulis Lepas
Selain bisa jadi penulis buku, berkat ngeblog kita juga bisa jadi penulis lepas Misalkan jika kita senang liburan atau travelling, sambil liburan kita juga nulis dan mempostingnya di blog pribadi.

Nah jika sekiranya hasil tulisannya bagus dan menarik, kita bisa tawarkan tulisan di blog pribadi kita kepada media yang memiliki rubrik perjalanan atau media wisata. Dengan cara seperti itu, tidak sedikit penulisan yang mendapatkan ongkos gratis dari tulisannya itu. contohnya saja Gol A Gong, ia mampu keliling Asia berkat menjual buah tulisannya.

Ladang Bisnis
Berkat menjamurnya media sosial, jiwa bisnis dapa ttersalurakn. Tidak jarang pebisnis memulai menjajakan barang dan jasanya lewat media blog.

Dengan menggunakan blog, kita bisa membuat lapak jualan. Kita bisa dengan bebas menjual apa saja selama tidak melanggar hukum dan moral.

Menghimpun Pertemanan dan Pengetahuan
Lewat blog kita juga bisa berbagi ilmu pengetahuan. Sharing pengalaman atau member masukan dengan blogger lainnya. Tidak jarang berkat hal itu, jejaring pertemanan kita semakin luas dan pengetahuan kita pun semakin banyak.


0 komentar:

Posting Komentar

 

Wasana Kata Template by Ipietoon Blogger Template | Gadget Review