Kamis, 16 Mei 2013

Rahasia Jadi Wartawan Media Online Profesional

Ditulis oleh Riska Amelia di Kamis, Mei 16, 2013


Ilustrasi: Dok.net
Menulis berita cepat untuk media online adalah suatu tuntutan. Di luar teknik menulis cepat, ada rahasia untuk bisa menjadi wartawan online yang profesional.

Nah, jawabannya sederhana, yaitu memiliki passion, menguasai materi, rajin bertanya kepada narasumber, tidak cepat lelah menggali materi, tidak cepat puas dengan hasil, dan konsentrasi penuh pada setiap paparan. 

Wartawan media online juga terikat dan harus patuh pada kode etik jurnalistik dan UU Pokok Pers. Kealpaannya pada regulasi bisa membuat dia berhadapan dengan aneka risiko.

Untuk memperoleh kebenaran, wartawan online harus disiplin melakukan cross check dan verifikasi. Selain itu perlu juga adanya keterampilan-keterampilan khusus yang harus dimiliki. Berikut ini adalah keterampilan yang harus dimiliki wartawan media online:

1)     Bisa Menulis dan mengedit naskah.
Menulis dan mengedit naskah merupakan hal paling mendasar yang harus dimiliki oleh jurnalis.
      
Ketika wartawan selesai meliput suatu kejadian, sudah tentu harus menuliskan informasi tersebut. Kemampuan editing dirasa perlu dimiliki oleh wartawan agar naskah tersebut enak dibaca. Selain itu, keterampilan mengedit naskah pun bisa mempermudah kinerja redaktur.

2)     Manajemen Proyek
Wartawan  media online harus bisa mengatur jadwal liputannya sendiri. Kecepatan dan passion harus diutamakan.

Bekali kepala dengan background informasi yang memadai mengenai objek liputan sehingga punya gambaran sebelum terjun ke lapangan.Perhatikan dan catat setiap detail pemaparan. Jika wawancara dilakukan, catat poin-poin penting saja, tanpa alat perekam lagi.

3)     Blogging Sebagai wartawan media online harus menguasai teknik blogging.

4)     User Interfance Design/Photo Shooting
Penguasaan teknologi pun pastinya harus dimiliki, seperti halnya jurnalis online harus mampu mendesain dan memproduksi foto.

5)     Produksi Video
Untuk merekam peristiwa yang diliput, maka kemampuan dalam memproduksi video harus dimiliki.

6)     Staff Organization/Administration
Menguasai keorganisasian dan kesektariatan juga harus dimiliki oleh jurnalis online, seperti membuat laporan liputan.

7)     Story Combining/Shortening
Mampu mengkombinasikan naskah berita dan meringkas naskah berita. wartawan media online harus memiliki keunikan tersendiri yang umumnya tak ada dilakukan di media konvensional lainnya.

8)     Reporting and Writing Original Stories
Jurnalis juga tentunya harus meliput dan menulis kejadian yang asli berdasarkan fakta-fakta yang didapat dilapangan. Perlu disiplin verifikasi. Jurnalis juga harus membuat karya sendiri, tidak melakukan plagiat.

9)     Photo/image Editing
Kemampuan dalam mengedit foto pun sudah tentunya harus dimiliki. Foto dapat melengkapi informasi yang akan disampaikan kepada masyarakat, dan mendukung tulisan.

Referensi:
Catatan perkuliahan jurnalistik online


0 komentar:

Posting Komentar

 

Wasana Kata Template by Ipietoon Blogger Template | Gadget Review