Rabu, 20 Maret 2013

Tingkatkan Klasemen di Search Engine Lewat Meta Tag

Ditulis oleh Riska Amelia di Rabu, Maret 20, 2013


Blogger memproduksikan ruang, dan sebuah ruang sosial tumbuh dari sebuah blog. Tentu saja kehadiran blog di dunia maya ini sangat membantu dalam mencari informasi-informasi yang kita butuhkan, bisa juga sebagai sarana mengiklankan sesuatu, berdiskusi, ataupun sebagai pekerjaan untuk menghasilkan uang.

Setelah awal yang lambat, blogging dengan cepat mendapatkan popularitas. Penggunaan Blog menyebar selama tahun 1999 dan tahun-tahun berikutnya.  Blog modern masa kini berevolusi dari buku harian online, di mana orang akan membuat akun yang isinya menceritakan tentang jalan kehidupan pribadi mereka maupun berbagi informasi. Sebagian penulis menyebut diri mereka sebagai diarists, atau citizen journalism.

Tampak blog memiliki kasta tertinggi dalam tingkatan sosial media, karena tugas seorang blogger adalah memberikan informasi yang dapat membantu para pembaca untuk mendapatkan informasi yang dibutuhkan, sehingga pembaca dapat belama-lama berada di situs kita karena menikmati informasi yang berguna. Maka dari itu, hal yang wajib dilakukan bagi seorang blogger--terutama bagi mereka yang peduli pada optimasi SEO-- yaitu menerapkan penggunaan meta tag pada template blogger. Jikalau mungkin diantara blogger ada yang merasa postingannya tidak terindeks sama sekali oleh Google, salah satu penyebabnya mungkin saja  karena tidak ada meta tag sama sekali dalam template blog.

Meta tag merupakan hal penting dalam penerapan SEO dasar dalam dunia blogging. Pengertian Meta Tag menurut “Kamus Istilah Blogger” yang ditulis oleh Medhy Aginta dalam www.blogguebo.com, adalah kode-kode HTML yang ada di bagian halaman sebuah situs. Tidak seperti tag HTML yang lain, meta tags tidak muncul di halaman posting, sehingga kebanyakan pengunjung tidak pernah melihatnya. Meta tags yang berbeda memiliki fungsi yang berbeda, namun secara umum semuanya digunakan untuk memberikan informasi tambahan mengenai kondisi sebuah halaman situs kepada robot mesin pencari.

Meta tag bukan "peluru ajaib" yang akan meroketkan situs ke bagian atas semua daftar pencarian halaman. Mereka adalah alat yang akan membantu meningkatkan klasemen di search engine bagi yang menggunakannya. Blogger menggunakan ini dengan strategi pemasaran lainnya untuk mengumpulkan lebih banyak tampilan halaman di pencarian. Setelah memahami bahwa meta tag tidak dimaksudkan untuk dilihat oleh pembaca, melainkan untuk digunakan dalam browser itu sendiri, itu akan membuat mereka lebih mudah untuk digunakan.

0 komentar:

Posting Komentar

 

Wasana Kata Template by Ipietoon Blogger Template | Gadget Review