Kamis, 16 Mei 2013

Kenali Teknik Menulis di Media Online

Ditulis oleh Riska Amelia di Kamis, Mei 16, 2013
Ilustrasi. Net

Kegiatan menulis, khususnya dalam bidang jurnalisme, ialah merekontruksi fakta. Dalam merekontruksi fakta tersebut, kita menggunakan bahasa yang tidak sama. Perlu dibedakan teknik gaya penyampaian dan penyajiannya,

Kultur menulis di media online harus terbentuk dan dijalankan. Ini merupakan modal dasar sekaligus kelebihan yang dimiliki penulis di media online. Berikut ini teknik menulis di media online:

1.      Judul Ringkas dan Jelas
Dalam media online, pemilihan judul sangat penting. Pembaca dalam sekian detik dapat berganti ke judul lain. Oleh Karena itu judul dalam media online memiliki karakteristik tersendiri.

Menulis judul di media online sebaiknya tak melipir dan tak terlalu baku. Tidak bertele-tele, serta tidak bias dan kabur, agar maknanya mudah dipahami oleh pembaca.

2.      Buat intro yang Sesuai.
Awali tulisan dengan informasi yang penting. Tulis dengan kalimat aktif agar tulisan menjadi lebih “hidup”.

Tulisan yang baik ialah tulisan yang memberikan pengetahuan baru kepada pembacanya. Meski tulisannya sederhana, apabila kaya akan pengetahuan, pasti diminati pembaca.

3.       Eye catching
Menulis tentu bertujuan untuk dibaca publik yang banyak jumlahnya . Oleh karena itu jadikanlah tulisan di media online anda enak dan “renyah” dibaca oleh pembaca.

Usahakan agar informasi efektif tersampaikan kepada pembaca. Maka dari itu hindarilah kalimat panjang.

Wartawan harus memiliki keunikan dan memiliki gaya menulisnya sendiri. Gunakan kalimat yang lugas, dan dengan gaya bertutur atau narasi.

4.      Gunakan Summary Lead atau Ringkasan Berita
Buatlah lead dengan gaya bertutur. Rangkum fakta dengan jelas dan memiliki unsur 5W+1H yang disajikan dengan padat serta lengkap.

Usahakan makna yang disampaikan dalam berita mampu dipahami pembaca dengan waktu yang relatif cepat.

5.       Gunakan Alinea
Alinea berfungsi menciptakan jarak antar paragraf. Ini akan memberikan ruang bagi pembaca untuk sekedar istirahat mata. Teknik ini membuat pembaca tak akan mudah bosan.

6.      Gunakan Bahasa Umum dan Sederhana
Kalimat sederhana terdiri dari satu pokok, dan menghindari anak kalimat. Teknik yang digunakan ialah KISS (Keep it Simple and Short).
Ingat, bahasa jurnalistik merupakan bahasa yang populer. Bahasa yang digunakan selayaknya populis dan umum digunakan.

7.      Bubuhkan Link yang Terkait.
Ada kalanya menulis membutuh referensi. Kewajiban penulis yang wajib dilakukan ialah mencantumkan sumber data yang diperoleh. Penulis harus jujur dan mempertanggung jawabkan isi tulisannya.

Link ini juga bisa membantu pembaca dalam memperoleh informasi tambahan.

8.      Cari Kata-kata yang Dapat Digabungkan dengan Link Video dan Gambar
Menulis di media online kita harus berani berinovasi dalam merekonstruksi peristiwa. Salah satu caranya ialah menggabungkan tulisan dengan tautan gambar atau video.

Penulis harus pintar memanfaatkan teknologi informasi dalam menyampaikan peristiwa. Dengan penggabungan video atau gambar, hal tersebut dapat memperkuat peristiwa dalam penulisan.

9.      Jangan Copy Paste!

Sumber:
Perkuliahan Jurnalistik Online
www.romeltea.com

0 komentar:

Posting Komentar

 

Wasana Kata Template by Ipietoon Blogger Template | Gadget Review