Kamis, 21 Maret 2013

Jurnalisme Warga

Ditulis oleh Riska Amelia di Kamis, Maret 21, 2013


Dewasa ini, di era berbasis teknologi masyarakat ditantang untuk berani mencari dan mengumpulkan berbagai macam peristiwa yang bernilai informasi yang ada di sekitar, untuk kemudian dilaporkan kepada masyarakat dalam berbagai bentuk media seperti tulisan, foto, maupun video.

Kini, tak hanya jurnalis yang bekerja di media saja yang bisa memproduksi berita, masyarakat yang tidak berprofesi di sebuah media pun dapat berpartisipasi dalam menyebarkan informasi ke masyarakat yang kemudian dikenal dengan istilah jurnalisme warga.

Di Indonesia, jurnalisme warga menjamur berkat kemajuan teknologi. Perkembangannya dipicu oleh tragedy musibah tsunami aceh ketika tahun 2004.

Keberadaan social media seperti blog dan twitter menjadi alat untuk mempublikasikan berbagai karya jurnalistik. Tak hanya itu, media cetak maupun televisi kini mulai menyertakan berbagai konten yang menampung karya jurnalisme warga, seperti contohnya program wide shot di Metro TV.

Keberadaan jurnalisme warga disinyalir mampu mengalahkan media mainstream--yang kini tergerus fungsinya menjadi alat kekuasaan dan komersialisme—dalam hal keakuratan berita dan menurunnya kepercayaan public terhadap pemberitaan media mainstream.

0 komentar:

Posting Komentar

 

Wasana Kata Template by Ipietoon Blogger Template | Gadget Review